Laman

Jumat, 10 Februari 2012

Sejarah Musik Blues


Blues adalah nama yang diberikan kepada musik genre yang diciptakan terutama dalam komunitas Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19.

Istilah "blues" mengacu pada "setan biru", yang berarti melankolis dan kesedihan; penggunaan awal istilah ini dalam pengertian ini ditemukan dalam sandiwara satu babak George Colman's Blue Devils (1798). Meskipun penggunaan kalimat dalam musik Amerika Afrika mungkin lebih tua, telah dibuktikan sejak 1912, ketika Hart Wand's "Dallas Blues" menjadi hak cipta pertama blues komposisi. lyrics frase sering digunakan untuk menggambarkan depresi suasana hati.

Blues merupakan sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS).



Musik blues berasal dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Penggunaan blue note dan penerapan pola call-and-response (di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai "jawaban" bagi kalimat pertama) dalam musik dan lirik lagu-lagu blues adalah bukti asal usulnya yang berpangkal di Afrika Barat.


Musik blues lahir di persilangan kereta (crossroads) di Stasiun Kereta Clarksdale, Memphis. Blues menjadi akar dari munculnya musik2 turunannya, seperti jazz, country dan rock.
Musik ini pertama kali dipopulerkan oleh komposer kulit hitam W.C. Handy (1873-1958). Dari Memphis, blues kemudian bermigrasi ke Detroit, dan Chicago. Era sekitar tahun 1940 dan 1950-an, Muddy Waters, Willie Dixon, John Lee Hooker, Howlin' Wolf, dan Elmore James, adalah beberapa musisi kulit hitam yang memainkan musik blues yang pada dasarnya blues dari Memphis. Permainan mereka biasanya diiringi dengan bass, drum, piano, dan beberapa menggunakan harmonika. Pada kurun yang bersamaan, T-Bone Walker di Houston dan B.B. King di Memphis adalah pelopor yang memainkan gitar blues yang dikombinasikan dengan jazz. B.B. King ini jugalah yang menawarkan konsep lead gitar yang menjadi standar dari band rock masa sekarang.



Pada kurun 1960-an, musik rock, yang akarnya adalah blues, mulai dimainkan oleh musisi kulit putih Amerika dan Eropa seperti Rolling Stones, Yardbirds, John Mayall's Bluesbreakers, Cream, Canned Heat, dan Fleetwood Mac.Setelah itu, mulai muncul para gitaris yang dasar permainannya blues. Beberapa yang paling terkenal adalah Eric Clapton, Jimmy Page, Jimi Hendrix, dan Eddie Van Halen. Mereka adalah para gitaris yang memperluas khasanah dari tradisi musik blues.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar